5 Tips Produktif ini Bantu Kamu Cepat dapat Kerja, Lho!

 

(Sumber: freepik.com/freepik)

Ketika sedang menganggur, kebanyakan orang berpikir kalau terus produktif melamar pekerjaan dan melakukan interview, pasti bisa cepat dapat pekerjaan. Padahal, ini tidak produktif sama sekali, lho.

Dengan hanya menyibukkan diri untuk mencari pekerjaan, yang ada kamu malah buang-buang waktu dan cepat stres. Sayang banget, kan?

Karena itu, lebih baik kamu mencoba beberapa tips produktif saat menganggur berikut ini agar cepat dapat pekerjaan baru!

5 Tips Tetap Produktif saat Menganggur

Banyak orang yang salah paham bahwa produktif itu sama dengan sibuk. Melansir dari Psychology Today, produktif mengarah pada kemampuan individu untuk bekerja secara efektif dalam waktu tertentu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Misalnya, dengan membuat to-do-list harian, kamu dapat menyelesaikan deadline dengan lebih cepat dan mudah. Berbeda dengan sibuk yang hanya melakukan banyak tugas dan kegiatan, tanpa fokus pada hasil yang diperoleh.

Ketika menganggur, melakukan kegiatan produktif tidak hanya mengisi waktu luang kamu, tetapi juga bisa membuka peluang baru untuk kamu. Nah, berikut ini beberapa tips produktif yang bisa kamu lakukan saat menganggur.

1. Melakukan Rutinitas Harian di Pagi Hari

rutinitas produktif di pagi hari
(Sumber: freepik.com/freepik)
Untuk mulai produktif, kamu tidak harus langsung melakukan kegiatan yang berat seperti langsung mengikuti kelas online dan sebagainya. Kamu bisa mulai dengan hal yang sederhana, yaitu melakukan rutinitas harian di pagi hari.

Misalnya, ketika bangun tidur, kamu bisa membereskan tempat tidur lebih dulu. Lalu, menghirup udara segar, meditasi pagi, atau olahraga ringan di pagi hari dan dilanjutkan dengan sarapan yang ringan dan sehat.

Memulai pagi dengan kebiasaan positif seperti ini dapat memberikan kamu energi yang positif. Sehingga, kamu bisa menjalani hari tersebut dengan lebih baik.

2. Membuat Daftar Kegiatan Harian

membuat to do list
(Sumber: freepik.com/freepik)
Setelah melakukan rutinitas harian di pagi hari, kamu bisa melanjutkan dengan membuat daftar kegiatan untuk hari ini atau to-do-list. Tulis apa tujuan dan hal-hal yang ingin kamu lakukan di hari ini.

Dalam to-do-list tersebut, pilih tiga tugas atau kegiatan prioritas yang harus kamu selesaikan di hari tersebut. Misalnya, memperbaiki portofolio, mengerjakan tes kerja, membaca buku self-development, dan sebagainya.

Kalau kamu sedang bosan dengan hal-hal seputar mencari pekerjaan, tidak masalah, kok. Kamu bisa buat to-do-list untuk kegiatan kamu di rumah misalnya, membereskan kamar, mencuci dan menjemur baju, memasak, dan sebagainya.

Dengan membuat to-do-list, ini bisa membantu kamu untuk tetap produktif dan mengurangi stres karena tidak melakukan kegiatan apa pun. Selain itu, ini juga dapat meningkatkan kemampuan time management kamu.

3. Bagi Waktu Kegiatan Sesuai Energi

Membagi waktu kegiatan sesuai energi mungkin terdengar sedikit aneh. Namun, kamu harus memahami bahwa energi kamu di pagi hari bisa berkurang jauh ketika sudah sore.

Di pagi hari, kamu mungkin masih memiliki energi yang cukup tinggi untuk melakukan banyak kegiatan. Namun, ketika hari sudah mulai sore, kamu sudah kelelahan secara fisik dan mental untuk melakukan kegiatan maupun tugas yang cukup berat.

Karena itu, penting untuk membagi waktu kegiatan dengan baik agar tetap produktif saat menganggur. Lakukanlah tugas dan kegiatan yang cukup membutuhkan otak di pagi hari dan kegiatan yang ringan di sore hari.

4. Coba Lakukan Hal Baru

Terus-menerus melamar pekerjaan, interview, mengikuti jobfair, dan menunggu panggilan saat menganggur akan membuat kamu stres.

Cukup lakukan kegiatan tersebut di hari-hari tertentu. Sedangkan di hari lainnya, cobalah untuk melakukan kegiatan baru yang produktif di luar dari mencari pekerjaan.

Misalnya, kamu bisa menekuni hobi lama, mengikuti kursus keterampilan atau kelas online, atau mungkin membuat konten yang berbobot di media sosial seperti Instagram dan TikTok. 

Kamu juga bisa, lho, membuat konten seputar skill kamu di dunia kerja atau proyek pribadi lewat media professional seperti LinkedIn. Karena dengan mencoba melakukan hal baru, ini bisa membawa kamu pada peluang baru yang mungkin tidak pernah terpikirkan.

5. Istirahat yang Cukup

Beberapa orang mungkin berpikir kalau istirahat sama saja dengan tidak produktif. Padahal, pemahaman ini salah besar, lho.

Melansir dari Psychology Today, istirahat dan tidur yang cukup justru sangat penting untuk menjaga produktivitas dalam jangka panjang. Hal ini karena istirahat yang cukup dapat memberikan kamu energi yang cukup dan tentunya menjaga kestabilan emosi serta mood.

Kalau kamu merasa lelah di pertengahan hari, kamu bisa istirahat sebentar dan menjauhkan diri dari kegiatan yang sedang kamu lakukan. Namun, pastikan kamu tidak istirahat sambil scrolling media sosial, ya, karena ini dapat menyerap energi lebih banyak.

Sedangkan, di malam hari kamu bisa tidur lebih cepat agar bisa bangun di pagi hari dengan keadaan yang segar. Dengan memiliki energi yang cukup dan mood yang baik, tentu dapat membantu kamu melakukan kegiatan produktif saat menganggur. 

Yuk, Tetap Lakukan Kegiatan Produktif saat Menganggur Bersama Rekan Produktif!

Memulai produktif saat menganggur mungkin akan sulit untuk beberapa orang yang belum terbiasa. Untuk itu, kamu bisa mulai dengan hal-hal kecil seperti melakukan rutinitas di pagi hari dan membuat to-do-list.

Kalau sudah terbiasa melakukan hal-hal tersebut, kamu bisa coba memulai kegiatan baru yang produktif. Seperti menekuni hobi, belajar hal baru, mengikuti kelas online, memulai proyek sendiri, dan sebagainya.

Nah, agar kegiatan produktif kamu ini bisa konsisten, kamu bisa gunakan berbagai template dari Rekan Produktif untuk tracking seluruh kegiatan dan target kamu! 

Mulai dari sheet template untuk target bulanan, to-do-list harian, timeline, good habit list, progres loker, sampai content plan untuk bangun personal branding. Semua bisa kamu gunakan untuk bantu tetap produktif saat menganggur.

Yuk, mulai produktif dari sekarang!


Komentar